Sabtu, 23 Agustus 2014

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya Bangsa Indonesia
Mer-de-ka skali merdeka tetap merdeka……

Teman-teman masih ingat ngga’ penggalan lagu di atas?, yup bener banget itu lagu yang tidak asing lagi di telinga kita, dan semua orang yang ngaku cinta banget dengan NKRI harusnya tahu dan hafal lagu ini, lagu yang menggetarkan sanubari, yang berisi tentang pernyataan lantang Bangsa Indonesia atas kemerdekaannya yang diraih dengan pengorbanan jiwa, raga, nyawa, harta hingga titik darah penghabisan dari para pahlawan. Lagu tersebut berjudul “Hari Merdeka” ciptaan H. Mutahar, lagu ini pula yang selalu menyemangati kami para generasi muda Indonesia untuk selalu setia dan mencintai Negara Indonesia dengan mempertahankan Kemerdekaan dan mewujudkannya dalam kehidupan nyata dengan berbagai bentuk kegiatan, pekerjaan, karya untuk membangun bangsa.

Pada tahun 2014 ini Negara Kesatuan Repulik Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 69, tidak terasa Negara tercinta ini sudah melewati beberapa masa, dan tentunya banyak perubahan dan perkembangan baik pembangunan fisik maupun non fisik yang telah dapat dinikmati oleh seluruh Bangsa Indonesia pada umumnya, dan kami sebagai generasi muda berharap Bangsa ini dapat menjadi Bangsa yang besar, makmur dan semakin dewasa.

Sebagai generasi muda kami tidak ingin hanya menjadi penonton, tapi kami ingin menjadi pelaku dan berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan yang masih bisa kita nikmati hingga saat ini, dan kami yakin bahwa untuk ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa kita tidak harus selalu melakukan hal-hal yang besar, tapi bisa kita mulai dengan melakukan hal-hal sederhana, tentunya hal sederhana yang bermanfaat dan berguna, dan hal-hal sederhana itulah yang kami (OSIS SMK Kimia Industri Theresiana) lakukan.



Dengan semangat Proklamasi 17 Agustus Tahun 1945 kami OSIS SKITherS membentuk Panitia Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-69. Dalam perayaan itu kami mengadakan berbagai macam perlombaan khas 17an untuk seluruh warga sekolah yang terdiri dari siwa, guru dan karyawan SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Kegiatan tersebut kami laksanakan pada Hari Kamis, tanggal 14 Agustus 2014 di kampus SMK Kimia Industri Theresiana Semarang Jl Pleburan No 11A yang berlangsung dari pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Adapun perlombaan yang kami lombakan terdiri dari delapan macam lomba yang wajib diikuti oleh masing-masing kelas yang terdiri dari siswa kelas X dan XI beserta wali kelas, guru dan karyawan adalah sebagai berikut:

1. Lomba Kebersihan Kelas
2. Lomba Gelas Piramida
3. Lomba Futsal Sarung
4. Lomba Makan Kerupuk
5. Lomba Creativity Fashion Show kostum terbuat dari koran bekas
6. Lomba Baca Puisi tema Kemerdekaan
7. Lomba Ranking 1
8. Lomba Beautiful Fruit

Dalam pelaksanaannya semua lomba dapat berjalan sesuai harapan, semua peserta ikut berpartisipasi dan dapat menikmati perlombaan dengan suasana kekeluargaan, persahabatan dan menyenangkan. Seperti yang dipesankan oleh Bapak Kepala Sekolah Bapak St. Joko Winarto, S.Pd dalam apel pembukaan acara, bahwa dalam kegiatan tersebut yang terpenting bukanlah siapa yang menang, akan tetapi lebih pada bagaimana kita bertanding dengan baik, dengan kemampuan maksimal, dan memberikan apa yang kita miliki sebaik mungkin, maka dengan semangat itulah kita akan menjadi para pemenang sejati, yang mampu menerima kekalahan dan tidak angkuh saat menjadi pemenang. Apa yang disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah sejalan dengan tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut yaitu membentuk karekter, budi pekerti luhur seluruh warga sekolah yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Menumbuhkan jiwa patriotisme (cinta tanah air dan bangsa) kepada seluruh warga sekolah terutama kepada siswa-siswi generasi muda Indonesia)
2. Menumbuhkan dan mempererat rasa persaudaraan, persahabatan, kebersamaan, serta kekompakkan antar warga sekolah
3. Menumbuhkan semangat pantang menyerah, jujur, lapang dada, percaya diri, kepedulian, tanggung jawab serta kerjasama
4. Menumbuhkan kreativitas, inovasi lewat ide-ide baru yang diterapkan dalam bentuk perlombaan (porses dan hasil perlombaan)

Dari seluruh perlombaan yang telah dilaksanakan akhirnya didapatkan para pemenang yang telah berjuang memberikan yang terbaik untuk berkompetisi dengan teman atau kelompok lainnya dengan semangat fairplay, dan tidak hanya siwa yang mampu menyabet juara lomba, tapi ada tim guru juga yang mampu menjadi juara pertama dalam lomba Gelas Piramida, hal tersebut adalah bukti bahwa kegiatan ini tidak didominasi oleh siswa saja, akan tetapi seluruh warga sekolah termasuk guru dan karyawan. Adapun daftar pemenang lomba 17an untuk tahun ini sebagai berikut:

NoNama LombaJuara IJuara IIJuara III
1Kebersihan KelasXTP XITP XB
2Baca PuisiIntan Nor Amalia (XITP)Anna Novita Israeni (XIA)Dewi Era Monicasari (XIC)
3Ranking 1 (Siswa)Ade Aryani (XIA)Bagus Arief Budiman (XB)Iko Wida Setiawan (XIA)
4Ranking 1 (Guru)Rosita Fitri Herawati, S.PdSmarter Teacher Award 
5FutsalXIBXTP 
6Makan KerupukXITPXA 
7Beautiful FruitXIA XTP 
8Gelas PiramidaTim Guru (Y Otto Maryoto)XB 
9Fashion ShowXA (Titani & Jennifer)XITP(Ruth & Imam)

Untuk para pemenang kami ucapkan selamat, dan untuk teman-teman yang belum menang jangan kecewa, ini hanya permainan yang pasti harus ada yang menang dan ada yang kalah, yang terpenting adalah kita semua sudah memberikan usaha terbaik kita, bukan kemenanangan yang paling utama tapi bagaimana kita bertanding dengan baik, pemenang sejati lahir bukan karena mengalahkan orang lain, tapi mengalahkan diri sendiri, mengalahkan kelemahan diri, mengalahkan ego, mengalahkan sifat buruk yang ada di dalam diri kita, maka saat kita sudah memberikan yang terbaik maka kita semua adalah para pemenang sejati itu, setuju? Pasti setuju semua kan? He..he..(bijak banget)

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang telah mendukung kegiatan ini serta bapak/ibu guru, karyawan SMK Kimia Industri Theresiana Semarang yang telah turut berpartisipasi di tengah kesibukan masing-masing. Kami juga ucapkan terima kasih kepada teman-teman panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara hingga dapat berjalan dengan baik, berkat kerja sama, kekompakkan, semangat pantang menyerah dan keikhlasan akhirnya kita semua dapat menikmati hasilnya, yaitu acara berlangsung sukses, akan tetapi hal ini tidak ingin membuat kita berpuas diri karena pastinya masih banyak hal yang perlu kita perbaiki dan koreksi bersama untuk kebaikan kita ke depan.

Kami berharap kegiatan serupa dapat tetap dilaksanakan di tahun depan dengan persiapan dan hasil yang lebih baik sebagaimana yang telah menjadi semangat SMK Kimia Industri Theresiana Semarang yaitu “Good to Great” yang artinya bahwa kita tidak puas dan merasa cukup dengan baik tapi kita haru bisa menjadi lebih baik, terbaik dan luar biasa. Dan semoga semangat ini pula yang akan selalu tertanam di hati kami para siswa-siswi SMK Kimia Industri Theresiana, jaya terus SMK Kimia Industri Theresiana Semarang.

SKITherS……MERDEKA!!! MERDEKA!!! MERDEKA!!!

Written By: Natalia Revianka
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar