Kamis, 06 Februari 2014

Setelah mengadakan persiapan selama kurang lebih satu bulan, akhirnya Pentas Seni (PENSI) SKITHERS tahun 2014 dapat terlaksana dengan sukses dan lancar. Acara PENSI tersebut dimotori oleh Panitia PENSI dimana seluruh anggotanya merupakan pengurus OSIS SMK Kimia Industri Theresiana Semarang kepengurusan 2013-2014. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan PENSI kali ini adalah "Berkarya untuk Bangsa" dengan maksud agar siswa-siswi SMK Kimia Industri Theresiana dapat mewujudkan empat nilai/ semagat (4K) yang selalu ditanamkan kepada mereka yaitu Kasih, Kompeten, Kerja keras, dan Kreatif sehingga karya mereka dapat berguna bagi diri mereka sendiri, orang lain, lingkungan sekitar dan terlebih bagi Nusa dan Bangsa, dan salah satu wadah yang digunakan untuk menggali dan mengasah bakat, kemampuan dan potensi itu salah satunya adalah dengan diadakannya Pentas Seni, dimana seluruh siswa dapat berkreasi, mengekspresikan bakat mereka di bidang seni.

Pentas Seni (PENSI) SKITHERS 2014 ini dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 30 Januari 2014 di lapangan Kampus SMK Kimia Industri Theresiana Semarang mulai dari pukul 07.30 sampai pukul 16.00 WIB. Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Y Otto Maryoto, ST selaku Waka Kurikulum yang mewakili Bapak Kepala Sekolah SMK Kimia Industri Theresiana Semarang yang kebetulan pada hari tersebut beliau berhalangan hadir. selain membuka acara PENSI secara resmi Bapak Y Otto Maryoto, ST juga berpesan bahwa acara ini tidak hanya sekedar acara yang berisi euforia/kegembiraan saja tapi hendaknya seluruh siswa dapat mengambil momen yang tepat tersebut sebagai waktu yang tepat untuk menyalurkan seluruh potensi/bakat seni yang dimiliki, sebagai sarana belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi (learning by doing and do the best ever).



Pentas Seni tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya untuk tahun ini seluruh siswa diwajibkan membuat/menampilkan minimal satu jenis karya seni baik karya individu maupun kelompok, dari aturan baru yang diterapkan oleh panitia tersebut ternyata memberikan efek yang positif disamping bertambah banyak karya seni yang ditampilkan semakin banyak pula jenis atau varian karya seni tersebut. Karya seni yang ditampilkan sendiri dibagi dua yaitu karya seni pameran dan karya seni pertunjukkan, adapun karya seni pertunjukkan diadakan seleksi karena jumlah penampilan yang begitu banyaknya sehingga seluruh siswa benar-benar berkompetisi untuk mempersiapkan penampilannya dan penampilan terbaiklah yang akan lolos untuk ditampilkan, sedangkan untuk karya seni pameran semuanya diterima oleh panitia dan pada saat hari pelaksanaan PENSI karya itu dipasang pada lay out sehingga karya tersebut dapat dinikmati oleh seluruh siswa, karya seni tersebut contohnya ; lukisan, karikatur, kriya, recycle material art, paper craft, edible toys, art mading, art food dll. sedangkan untuk karya pertunjukkannya seperti; band, vocal group, drama, puisi, flash mop, modern dance, cost play dll.

Yang menambah menarik acara PENSI kali ini adalah semua performance dilombakan ada beberapa macam penghargaan yang diperebutkan oleh seluruh peserta PENSI diantaranya Best Class Performance, Best Band Performance, Best Painting and Caricature Performance, Best Singer Performance, Best Dance Performance, dan Best Goyang Oplosan Performance. Penghargaan yang paling antusias diperebutkan oleh seluruh peserta adalah lomba Goyang Oplosan, masing-masing kelas mempersiapkan diri dengan berbagai macam kreasi baik koreografi maupun atribut-atribut yang kadang menggelikan, tetapi semuanya menjadi semakin menarik karena mereka melakukannya dengan penuh kegembiraan bahkan masing-masing wali kelas ikut bergoyang.

Panitia berharap acara PENSI tersebut dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan dari segi pelaksannaan bisa menjadi semakin baik lagi, dan yang paling penting dari diadakannya acara PENSI SKITHER 2014 ini kami panitia dan seluruh siswa SMK Kimia Industri Theresiana dapat menjiwai semagat 4K(Kasih, Kompeten, Kerja keras, Kreatif) dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kami masing-masing untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan terlebih bagi Bangsa Indonesia tercinta.

SMK Kimia Industri Theresiana Semarang
BISA........ HARUS BISA....PASTI BISA......


Oleh : Aloisius Ferdinand AK


 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar