Senin, 04 Agustus 2014

Pagi guys, hari ini adalah hari yang menyenangkan, cause hari ini ada kegiatan MOS SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Kegiatan MOS ini dimulai tanggal 14 Juli 2014 pukul tujuh pagi, namun sebelum pukul tujuh, peserta MOS sudah datang dan bersiap untuk mengikuti kegiatan tiap tahun ini, rasanya gimana gituh wow bangeet guys.....

 Tepat pukul tujuh peserta MOS berkumpul di lapangan untuk melaksanakan apel pagi. Apel berlangsung dengan tenang, damai, dan suasana menyeramkan, maklum.... kakak PanMOS terlihat garang hoho..




 Apel secara simbolis dibuka oleh Pak Wahyu lewat amanat singkat Beliau yang secara garis besar mengucapkan selamat datang dan selamat beradaptasi dengan lingkungan yang baru , apel pun selesai sekitar pukul 07.20, setelah itu kegiatan MOS siap dimulai dengan tampang panitia yang killer abis ...... hehe new experience.

 Setelah apel, peserta MOS di absen dan dibagi per kelompok, kira-kira ada sekitar 12 kelompok dengan masing masing kelompok beranggotakan 6-7 peserta MOS. Dan satu kelompok dibimbing satu orang PanMOS, cieeeee dibimbing sama kakak PanMOS yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik haha #narsis dikit boleh lah…

 Habis dibagi kelompoknya, berkumpul dengan anggota kelompok lainnya, terus saling kenalan, terus saling tanya-tanya alias jadi anak kepo, terus pada “malu malu kucing”, terus dibacain peraturan sama kakak PanMOS, terus di dikte kan mars sama yel yel terus..... terus.... terus..... #jangan terus aja kakak, ntar nabrak lho....

 Lanjut ke permainan ice breaking di mana permainan ini bertujuan untuk memecah ke-enggan-an atau rasa malu peserta MOS untuk berkenalan dan berinteraksi dengan teman baru, tetapi ada hal lucu pada saat peserta MOS disuruh berdansa antara cowok dan cewek, pada malu malu semua..... enggan untuk bergandengan tangan,,, kayaknya ada rasa nie yee,,,,, bahkan permainan itu dicantumin di refleksi hampir semua peserta MOS.....wah rekor tuh.

 Dilanjut dengan pengenalan Panitia MOS ditambah menyanyikan mars dan yel-yel, kata peserta MOS sih kakaknya keren, kelihatan berwibawa, dan terlihat wah gitu lah..... Ya semoga aja memang benar seperti itu.... lalu peserta dan PanMOS mencoba mars dan yel yel bersama-sama.

 Setelah itu peserta MOS dan pembimbing masing-masing turun ke lantai dua, melanjutkan permainan yang disebut permainan keluarga Maris, keluarga ini mengajak untuk berkenalan antar peserta MOS. Cara mainnya pun sederhana dan mengasyikkan, dengan game ini peserta MOS paling tidak tahu nama teman sekelompoknya plus kelompok lainnya.

 Habis keluarga Maris kan capek tuh....., oleh karena itu peserta MOS diperbolehkan beristirahat sebentar sambil sharing dengan kakak kelas..... sekitar 10 menit beristirahat, peserta MOS langsung dibariskan karena komando kakak kelas yang mengejutkan, kemudian barisan diluruskan, dan diomelin dikit sama kakak kelas, disuruh hitung satu dan dua untuk mengikuti kegiatan materi berikutnya.

 Kegiatan materi akhirnya tiba juga..... dimana kegiatan ini ketika saat sharing, dikatakan sebagai kegiatan yang membuat boring dan mengantuk, but its okay wae lah toh kegiatan ini menambah ilmu dan wawasan. Materi kepaulusan disampaikan oleh Bapak Agus Murwito sedangkan materi wiyata mandala disampaikan oleh Bapak Budi Prastiyono. Sistem pertukaran dibuat rolling atau bergantian, dimana semula materi di ruang pertama pindah ke ruang kedua, kemudian materi di ruang kedua pindah ke ruang pertama, bingung...????? sama saya juga...hehe....

 Setelah dua materi itu, lanjut dengan kegiatan ISOMA, alias Istirahat, Sholat, Makan, kegiatan yang ditungggu tunggu peserta MOS, di waktu ISOMA yang muslim bisa shalat dan yang non muslim dan yang tidak berpuasa boleh makan di ruang khusus yang sudah disediakan oleh panitia. Skip aja lah kegiatan ISOMA, paling cuma gitu – gitu aja, nothing interest.

Sorot aja kegiatan habis ISOMA yaitu ada selingan gebrak gila.... permainanya simple tapi susah dijelaskan #nah loh.... gimana coba,,, halah bingung... mau tahu???? Mau bisa???? Langsung praktek aja dijamin seru dan membuat orang jadi “gila” abis menggebrak *oopsss, gila semangat maksudnya. Tapi bener lho, peserta MOS jadi semangat sehabis gebrak gila, katanya sih habis makan jadinya semangat bahkan peserta MOS aja mengakui masa yang baca nggak mengakui... haha maksa amat sih kak “.”

 Sehabis gebrak jadi gila... eh gebrak gila maksudnya, ada kegiatan sharing masing masing kelompok dengan pembimbingnya, waktunya sekitar satu jam, wah bikin keriting mulut, #maap ya kakak sie acara,,, banyak yang dibahas mulai dari penugasan untuk besok, buat pentas unjuk kebolehan, sharing tentang Kimia Industri mulai dari pelajarannya, gurunya, poin nya sama banyak lah, trus sharing apa yang didapat satu hari plus kegiatannya menyenangkan atau tidak,,,, tapi udah ngomong banyaknya segitu waktunya nggak abis-abis kakak, bikin lapar, haus, ngantuk dan peserta MOS ingin segera pulang......

 Sebelum pulang, ada sharing bersama semua peserta MOS, ada salah satu peserta MOS yang maju dan mengungkapkan apa yang didapat satu hari ini,,, dan isinya kebanyakan menyanjung kakak PanMMOS.... ahahah cie kakaknya cie yang dipuji sama adeknya #maklum yang nulis sedang error. Tapi apapun komen adek kelas kita terima dengan lapang dada kok santai aja.....

 Akhirnya peserta MOS dibariskan dan persiapan untuk pulang ke rumah masing-masing tentunya, dan kegiatan MOS hari pertama selesai dengan akhir cerita yang HAPPY ENDING # apaan sih kakak..... sudah lupakan readers,

 Selanjutnya di hari kedua MOS, kegiatan awal yang kami lakukan yaitu seperti biasa pengabsenan dan pegecekan atribut yang ditugaskan oleh kakak panitia MOS. Setiap pengecekan pasti ada yang salah, nah adek-adek peserta MOS yang salah di suruh maju dan mendapat konskuensi dari kakak PANMOS, yang berbeda dari MOS tahun kemarin, pada MOS tahun ini setiap kesalahan dan pelanggaran yang dibuat peserta akan mendapatkan hadiah spesial dari kakak PANMOS yaitu tepung kasih sayang.

 Setelah itu adalah permaian yaitu permaianan BBSS, apa sih BBSS. Permainan BBSS adalah permaian benar, benar, salah, salah. Jadi tiap permainan harus mengikuti apa yang di berikan oleh kakak PANMOS, dan harus mendengar clue yang di berikan. Jika bilang benar harus melakukna yang benar jika salah mengikuti arah yang kebalikannya. Dalam permaianan ini banyak yang mengalami kesalahan, konsekuansi yang di berikan yaitu di berikan tepung kasih sayang olah teman sebelahnya. Di permainan ini seru deh pokoknya, nah di akhir permainan ini yang salah di beri konsekuensi dengan menyuruh menulis nama SMK kimia industri menggunakan pantat, hehehe. Pokoknya permainan ini seru banget deh.

 Selanjutnya adalah perkenalan bapak dan ibu guru, suasana kembali menjadi tegang. Jeng-jeng bapak, ibu guru serta karyawan SMK Kimia Industri mulai mamasuki aula, tempat untuk berkumpul. Lalu ada MC dari kakak-kakak PanMOS yang memperkenalkan bapak guru yang ganteng, ibu guru yang cantik serta karyawan, hehehe.

 Selanjutnya adalah games sedotan, adek-adek peserta MOS pada bingung di awal buat apa nih sedotan di panjang-panjangin. Saat permainan di mulai pada bingung ni cara nurunin sedotannya gimana kak, ada ni kejadian lucu yang terjadi, adek-adeknya malah gerak-gerak ke kanan, ke kiri. Setelah itu adalah materi BNI di materi BNI ini di berikan cara kerja pembayaran sekolah dll.

Kegiatan selanjutnya adalah games animal voice di permaina melakukan dengan cara medengarkan suara hewan sesuai kelompoknya, dipermainan ini di uji kekompakan, menguji pendengaran tiap anak. Ada hal lucu terjadi di permainan ini yaitu ada yang hanya ketemu 2 teman tiap kelompok saja, apa lagi cewek dan cowok romantis banget deh, ada juga yang 3 orang cowok kayak grup smash aja, hahaha.

Setelah itu istirahat. Setelah istirahat lalu materi kurikulum, pada materi kurikulum ini di jelaskan tentang hal-hal yang akan di ajarkan di tahun ajaran baru ini, gimana sih cara pembelajaran di tahun ajaran 2013, nah di materi kurikulum ini di jelaskan tentang itu semua. Setelahnya adalah materi kesiswaan, tentang hal-hal yang ada di SMK Kimia Industri , dari sistem sekolah, dan penjabaran tentang sekolah, dll.

 Lalu mengumpulkan peserta MOS untuk pemberian tugas pada hari berikutnya, seperti tanaman, menggunakan baju putih dan persiapan pentas seni kecil pada hari sabtu. Setelah itu ada sharing bersama tentang perasaan selama satu hari bermain dan mendengar materi bersama. Setelah ini di persilahkan untuk pulang kerumah masing-masing.

 Hai...... aku comeback, mau review lagi tentang kegiatan MOS di hari ketiga. Seperti biasa, MOS dimulai tepat pukul 07.00.Hari ini adalah hari terakhir masa-masa terindah MOS yang nantinya akan selalu terkenang sepanjang masa buat peserta MOS dan panitia MOS #alay banget sih kakaknya....

 Sehabis pengecekan dan absen kelompok, peserta MOS diajari sedikit tentang PBB, tapi hari ini kakak – kakak panmos baik-baik ooooo..... Ga ada yang marah-marah Dilanjut dengan permainan angka kaget.... permainan yang mengacu pada konsentrasi peserta MOS, bukan untuk mengetahui pintar dan tidak pintarnya lho.... Dan konsekuensi dari permainan ini dapat hadiah kasih sayang dari kakak PanMOS berupa tepung, yang diberikan ke pipi peserta MOS.

 Sehabis permainan angka kaget, para peserta MOS melanjutkan dengan kegiatan keliling sekolah, rutenya dimulai dari lantai satu, ke lantai dua, tiga, dst. Dijelaskan berbagai macam ruangan, siapa guru yang mengajar dan sekilas tentang pelajaran yang diajarkan selama 30 menit, kata peserta MOS sih capek soalnya naik turun tangga # ngggak papa lah, bikin sehat.

 Setelah lelah berkeliling sekolah, peserta MOS istirahat sebentar dan kemudian dilanjutkan dengan permainan estafet tali, cara permainanya bagaimana caranya agar tali bisa melewati tubuh peserta dan bergantian dari ujung ke ujung hingga waktu yang telah ditentukan dan sesuai aturan panitia Setelah bersuka ria bermain saatnya kembali materi, dengan materi motivasi yang dibawakan oleh alumni dan materi perpustakaan yang dibawakan oleh Bu Nina, di kegiatan ini waktu terasa lama, padahal ada sesuatu hal yang membuat lama#rahasia negara yes,,,,

 Lalu dilanjutkan kegiatan ISOMA seperti hari-hari MOS sebelumnya.Kemudian dilanjut dengan pnampilan kelompok untuk unjuk kebolehan ya walaupun hasilnya belum maksimal tetapi perlu di apresiasi sebab mereka berani maju dan tampil di depan kawan dan panitia. Sehabis pertunjukan, kegiatan MOS ditutup dengan apel penutupan dengan Pak Joko sebagai pembina, acara MOS selesai dan ditutup dengan ucapan selamat karena sudah menjadi siswa baru SMK Kimia Industri Sudah dulu cuhatnnya,,,, sudah malam dan nngantuk. Lain kali disambung kalo ada kesempatan.... Makasih yaw. Gomawoyo

 Written By: Ayu Anggraeni & Fransisca Annatasya
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar